Santoso, Wahyu Aji (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK FURNITURE MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM (Studi Kasus di Serba Guna Aluminium). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Teknik Industri_31601700085_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Teknik Industri_31601700085_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
Abstract
Serba Guna Aluminium adalah sebuah UMKM mengutamakan kualitas bahan yang baik. Serba Guna Aluminium sendiri memiliki karyawan Target pemasaran pada Serba Guna Aluminium di daerah Jawa Tengah khusunya Demak. bahwa jumlah produk yang terjual oleh Serba Guna Aluminum mengalami penurunan dari tahun 2021 ke tahun 2022. Metode SWOT digunakan untuk menganalisis mengenai peluang serta ancaman internal serta eksternal yang dihadapi pada sebuah perusahaan dan juga untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan. Metode QSPM untuk mengembangkan strategi untuk menilai faktor internal dan eksternal utama. Pada tahap pertama yaitu menentukan dan menganalisis matrix IFE dan EFE untuk menentukan niai total score tertimbang pada setiap faktor internal an eksternal. Adapun total score nilai tertimbang matrix IFE sebesar 3.535 sedangkan total score tertimbang matrix EFE sebesar 3.257. Setelah diketahui total nilai tertimbang kedua matrix selanjutnya membuat matrix grand strategi untuk mengetahui posisi dan strategi yang diterapkan sesuai dengan posisi perusahaan. Pada matrix grand strategi ini berada pada kuadran I (IFE = 3.535, EFE = 3.257) dan jika berada pada kuadran tersebut pilihan strategi yang dapat diambil yaitu penetrasi pasar, pengembang pasar, dan pengembangan produk. Dari analisis matrix grand strategi dapat menarik kesimpulan untuk menggunakan strategi QSPM. Pada hasil perhitungan QSPM (Quantitive Strategic Planning Matrix) diperoleh nilai TAS pengembangan pasar sebesar 5.29. Adapun strategi yang terbaik yang dapat digunakan adalah strategi mengunakan teknologi dan informasi melalui marketing untuk mempromosikan produk. Kata Kunci : Strategi pemasaran, SWOT, QSPM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:05 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |