Nur’aini, Intan (2024) SISTEM CHATBOT SEBAGAI LAYANAN INFORMASI KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA MENGGUNAKAN METODE LARGE LANGUAGE MODEL (LLM). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Teknik Informatika_32602000116_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Teknik Informatika_32602000116_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
Abstract
Dalam era digital saat ini, akses informasi yang cepat dan efisien menjadi kebutuhan penting, terutama bagi remaja dalam mendapatkan layanan kesehatan mental. Namun, metode manual yang digunakan oleh PIK R untuk menyediakan informasi kesehatan mental masih memakan waktu dan tenaga yang signifikan. Oleh karena itu, dengan menggunakan model Large Language Model (LLM), penelitian ini mencoba menyelesaikan masalah ini dengan membuat sistem chatbot berbasis AI. Metode penelitian yang digunakan mencakup analisis dataset yang terdiri dari artikel tentang kesehatan mental remaja dan pembuatan chatbot yang dapat digunakan untuk memberikan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chatbot dapat membantu remaja dengan informasi kesehatan mental yang akurat dan efektif sepanjang hari. Hasil evalusi sistem dengan menggunakan metode Rouge Score menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan informasi yang akurat berdasarkan dataset yang diberikan. Dimana rata rata hasil evalusi ROUGE 1 (P) 87,8%, (R) 83%, (Fm) 84% ROUGE 2 (P) 82,8%, (R) 76,8%, (Fm) 78,2% dan ROUGE L (P) 88%, (R) 82,6%, (Fm) 83,4%. Keyword: Sistem chatbot, Kesehatan mental, Remaja, LLM, Layanan Informasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 02:20 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37558 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |