IMPLEMENTASI COLLABORATIVE FILTERING UNTUK REKOMENDASI GAME MENGGUNAKAN K-MEANS ALGORITHMS

Fiyantoko, Hafid Rizky (2024) IMPLEMENTASI COLLABORATIVE FILTERING UNTUK REKOMENDASI GAME MENGGUNAKAN K-MEANS ALGORITHMS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Informatika_32602000088_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Teknik Informatika_32602000088_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Industri video game telah menjadi salah satu yang paling berharga di dunia dengan pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Diversifikasi yang tinggi dalam industri ini telah menciptakan beragam platform, genre, dan interaksi sosial antar pemain. Meskipun demikian, banyaknya pilihan game dan tingkat penggunaan yang rendah dari beberapa game yang dibeli menunjukkan perlunya sistem rekomendasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan algoritma yang mampu memprediksi preferensi pemain dan mempromosikan game yang baru dirilis, dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di platform STEAM. Sistem rekomendasi yang diusulkan diharapkan dapat meningkatkan pengalaman bermain pemain, mendukung industri video game, memperkuat komunitas pemain, dan memberikan manfaat bagi pengembang game. Kata Kunci : Industri Video Game, platform STEAM, Sistem Rekomendasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Feb 2025 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37544

Actions (login required)

View Item View Item