PENGARUH KESADARAN HALAL DAN LOGO HALAL TERHADAP NIAT BELI PRODUK HALAL PADA MAHASISWA UNISSULA MELALUI SIKAP SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus Pada UMKM Pisang Cokelat Barokah)

Muna, Muhammad Ilham Wakhid Khoirul (2024) PENGARUH KESADARAN HALAL DAN LOGO HALAL TERHADAP NIAT BELI PRODUK HALAL PADA MAHASISWA UNISSULA MELALUI SIKAP SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus Pada UMKM Pisang Cokelat Barokah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30402000242_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30402000242_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)

Abstract

Industri halal adalah salah satu bisnis dengan pertumbuhan paling pesat di pasar global. Ini mencakup keuangan, pariwisata, jasa dan makanan. Makanan dianggap sebagai salah satu faktor terpenting dalam interaksi antar berbagai kelompok etnis, sosial dan agama. Pangan merupakan kebutuhan umum masyarakat dan merupakan potensi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa peran sikap dalam niat beli porduk Pisang Cokelat Barokah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner berbentuk google form yang disebarkan secara online melalui media sosial. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu analisis linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa Kesadaran Halal, Logo Halal dan Sikap memiliki pengaruh posisitif terhadap Niat Beli. Hasil uji pengaruh tidak langsung (mediasi) menyatakan bahwa Sikap berhasil menjadi mediator Kesadaran Halal dan Logo Halal. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan manajemen pemasaran dan secara praktis dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk menentukan strategi yang tepat dalam meningkatkan Niat Beli. Kata Kunci : Kesadaran Halal, Logo Halal, Sikap, Niat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Feb 2025 01:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37374

Actions (login required)

View Item View Item