Khoeriyah, Yaomil (2024) PENGEMBANGAN INTERACTIVE HANDOUT BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000043_fullpdf.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000043_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
Abstract
Penelitian ini termasuk pada peneltian R&D (Research & Development) dengan metode ADDIE (analyze, design, development, implemenation, and evaluation). Interactive handout berbasis CTL dikembangkan melalui beberapa aplikasi dan website, yakni canva, quizizz, liveworksheet, dan heyzine. Canva digunakan untuk membuat desain dan video pembelajaran berbasis CTL yang termuat di interactive handout. Quizizz dan liveworksheet digunakan untuk membuat kuis interaktif. Selanjutnya, heyzine digunakan untuk membuat desain menjadi interaktif dengan cara menautkan video dan kuis yang akan termuat di dalamnya. Setelah produk telah dibuat, maka akan dilakukan tiga uji yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli Bahasa, angket respon guru, angket respon siswa, soal pretest dan soal posttest. Penelitian ini menghasil produk interactive handout berbasis CTL yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil kevalidan dari ketiga ahli yakni ahli media diperoleh nilai kevalidan 95,38%, ahli materi diperoleh 98,26%, dan ahli bahasa diperoleh 95,56%. hasil uji kepraktisan dari respon guru dan respon siswa berturut-turut yaitu 87,5% dan 94,4%. Selanjutnya, hasil uji keefektifan berdasarkan ketuntasan individual, ketuntasan klasikal, dan N-Gain diperoleh peningkatan hasil posttest sebesar 0,7067 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Interactive Handout, Contextual Teaching and Learning, Pemecahan Masalah Matematis, kesebangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |