Romandhonah, Titik (2024) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MELALUI PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000032_fullpdf.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000032_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai proses pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan wordwall pada materi SPLDV. Untuk dapat mengetahui proses pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan wordwall pada materi SPLDV, dapat mengetahui literasi matematika siswa berkategoti tinggi, sedang, dan rendah setelah penerapan pembelajaran model project based learning berbantuan wordwall pada materi SPLDV. Dan dapat mendeskripsikan pula persepsi siswa berkategori tinggi, sedang, dan rendah setelah pembelajaran dengan model project based learning berbantuan wordwall dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP pada materi SPLDV. Pendekatan yang dgunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metode kualitatif deskriptif. Peneliti memilih penelitian deskriptif karena tujuan penelitian berfokus pada fase deskripsi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP. Pengambilan subjek menggunakan Porposive Sampling. Data penelitian yang diperoleh berupa data tes tertulis, wawancara, pretest, dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah pembelajaram selama 2 kali pertemuan menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan wordwall, terlihat literasi matematika siswa berkategori tinggi setelah pembelajaran model project based learning berbantuan wordwall yaitu siswa dapat memenuhi 4 indikator literasi matemaika, literasi matematika siswa berkategori sedang setelah pembelajaran model project based learning berbantuan wordwall yaitu siswa dapat memenuhi 3 indikator literasi matematika, dan literasi matematika siswa berkategori rendah setelah pembelajaran model project based learning berbantuan wordwall yaitu siswa mampu memenuhi 2 inikator literasi matematika. Siswa berkategori tinggi, sedang, dan rendah berpersepsi bahwa pembelajaran menggunakan project based learning berbantua wordwall menarik dan memiliki manffat bagi mereka dalam mempelajari materi SPLDV. Kata Kunci: Literasi matematika, Project Based Learning, Wordwall, SPLDV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |