ANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR SISWA MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATERI TRIGONOMETRI

Putri, Tia Herlina (2024) ANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR SISWA MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK PADA MATERI TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000031_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000031_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kebutuhan belajar siswa berdasarkan asesmen diagnostik non kognitif, dan asesmen diagnostik kognitif setelah dilakukan pemberian asesmen diagnostik non kognitif dan kognitif dapat mendiskripsikan kebutuhan belajar siswa dalam kelompok tinggi, sedang, dan rendah dalam pembelajaran matematika berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA. Data penelitian yang diperoleh berupa data angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan sementara, verifikasi, dan penarikan kesimpulan akhir. Hasil penelitian menujukkan bahwa kebutuhan belajar siswa berdasarkan asesmen diagnostik kognitif ditinjau dari ketiga aspek kebutuhan belajar memiliki persentase rata-rata 65% dan siswa berada pada kebutuhan belajar kategori sedang. Berdasarkan aspek kesiapan belajar siswa memiliki persentase sebesar 68% dimana siswa siap dalam mengikuti pembelajaran matematika. Berdasrkan aspek minat persentase rata-ratanya sebesar 60%, siswa berminat terhadap pembelajaran matematika. Berdasarkan aspek profil prestasi belajar 74,2% siswa memiliki profil prestasi belajar sedang. Berdasarkan asemen diagkognitifnya persentase rata-rata siswa sebesar 78,8% berada pada level kognitif tinggi. Analisis kebutuhan belajar melalui asesmen diagnostik ini sebagai bentuk awal penerapan pembelajaran matematika berdiferensiasi dimana untuk mengetahui kondisi awal siswa. Kata kunci: Kebutuhan Belajar, Asesmen Diagnostik, Pembelajaran Beriferensiasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37322

Actions (login required)

View Item View Item