Salsabila, Tasya Nilna (2024) MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000030_fullpdf.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000030_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan miskonsepsi berdasarkan jawaban yang diberikan oleh peserta didik dan menemukan solusi yang tepat terhadap miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik. Subjek penelitian terdiri dari 5 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Miskonsepsi yang dilakukan peserta didik secara umum adalah miskonsepsi pada bahasa,dimana peserta didik mengatakan memahami apa yang diinginkan oleh soal, namun faktanya peserta didik tidak memahami bagaimana proses yang benar untuk mengaplikasikan apa yang diinginkan soal pada jawaban yang harus mereka kerjakan.Peserta didik dengan semua jawaban salah melakukan miskonsepsi pada bahasa, miskonsepsi notasi, miskonsepsi penggeneralisasian, dan miskonsepsi kesalahan pengaplikasian aturan.Peserta didik dengan dua jawaban salah melakukan miskonsepsi pada bahasa, miskonsepsi notasi, dan miskonsepsi penggeneralisasian. Faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan miskonsepsi antara lain, kurang teliti dan kurang fokus dalam membaca soal, belum menemukan cara yang tepat dan benar untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada soal, lupa mengikuti intruksi yang diperintahkan soal, serta bingung dan kesulitan untuk mengikuti intruksi yang diperintahkan soal, kurang memahami apa yang diajarkan oleh guru dikelas, salah mengingat rumus operasi bilangan berpangkat, dan salah memahami rumus operasi bilangan berpangkat, tidak memahami pengertian bilangan berpangkat, tidak memahami apa yang dia kerjakan, kurang memahami cara apa yang sebaiknya digunakan, dan membuat pengumpamaan pada jawaban. Kata Kunci: Miskonsepsi, Literasi Matematika, Kurikulum Merdeka, Materi Bilangan Berpangkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:35 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |