Alfadillah, Muhammad Ridho (2024) PENGEMBANGAN MATERI AJAR BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS APLIKASI MATHEMA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000024_fullpdf.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000024_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
Abstract
Sisi Datar Berbasis Aplikasi Mathema Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Tingkat kevalidan ditinjau oleh ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, tingkat kepraktisan ditinjau oleh respon guru matematika dan siswa kelas VIII MTs N 2 Rokan Hulu. Sedangkan pada tingkat keefektifan ditinjau berdasarkan hasil pretest dan postest ketuntasan KKM dan adanya pengaruh hasil belajar siswa. Pengembangan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (research & development) dengan metode ADDIE (analyze, design, development, implemenation, and evaluation). Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre test dan soal post test. Hasil penelitian menunjukan pengembangan Materi Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Aplikasi Mathema memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hasil uji kevalidan dari ahli media diperoleh nilai kevalidan 84.35% dan dari ahli materi diperoleh nilai kevalidan 80%. Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru diperoleh nilai kepraktisan 86% dan dari angket respon siswa diperoleh nilai 82,6%. Dan hasil uji keefektifan berdasarkan hasil uji Wilcoxon dan N-Gain, Materi Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Aplikasi Mathema efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan kategori peningkatan tinggi. Kata Kunci: Materi Ajar, Bangun ruang sisi datar, pemahaman konsep, Mathema
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |