Agustyani, Mayana (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN LIVEWORKSHEET MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000021_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000021_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Modul Interaktif dengan Liveworksheet untuk meningkatkan literasi matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Tingkat kevalidan ditinjau oleh ahli media dan ahli materi. Tingkat kepraktisan ditinjau dari hasil respon guru matematika dan siswa kelas X-1 SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Sedangkan, untuk tingkat keefektifan ditinjau dari hasil ketuntasan KTTP dan adanya pengaruh hasil belajar siswa. Pengembangan tersebut juga dilakukan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran E-Modul Interaktif dengan Liveworksheet dalam meningkatkan literasi matematis siswa pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (research & development) dengan metode ADDIE (analyze, design, development, Implementation, and evaluation). Media pembelajaran E-Modul Interaktif dengan Liveworksheet untuk meningkatkan literasi matematis siswa, dikembangkan melalui aplikasi Liveworksheet. Media E-Modul Interaktif dengan Liveworksheet tersebut berisi materi trigonometri yang telah terintegrasi dengan literasi matematis. Setelah dihasilkan produk, maka akan dilakukan uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre test dan soal post test. Pada penelitian ini, media pembelajaran E-Modul Interaktif dengan Liveworksheet terhadap kemampuan literasi matematis siswa memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi matematis siswa. Hasil uji kevalidan dari ahli media diperoleh nilai kevalidan 84% dan dari ahli materi diperoleh kevalidan 80%. Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru diperoleh nilai kepraktisan 94,80% dan dari angket respon siswa diperoleh nilai 84,60%. Dan hasil uji keefektifan bersadarkan hasil paired sample T test dan uji N-Gain produk media pembelajaran E-Modul Interaktif dengan Liveworksheet untuk meningkatkan literasi matematis siswa pada materi trigonometri memiliki efektivitas untuk meningkatkan literasi matematis siswa dengan kategori peningkatan sebesar 0,48 atau termasuk ke dalam peningkatan kategori “Sedang”. Kata Kunci: Liveworksheet, E-Modul Interaktif, Literasi Matematis, Trigonometri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |