Lutfia, Devi (2024) ANALISIS KEMAMPUAN ADAPTASI TEKNOLOGI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI WORDWALL PADA MATERI BILANGAN CACAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000011_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000011_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi digital saat ini mempengaruhi berbagai aspek pendidikan, termasuk dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Gamifikasi, melalui platform seperti Wordwall, menyediakan metode inovatif yang dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan adaptasi teknologi dalam pembelajaran bilangan cacah pada siswa kelas III sekolah dasar menggunakan pendekatan gamifikasi. Memahami bagaimana siswa beradaptasi dengan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, tes, dan wawancara. Soal tes diberikan kepada 28 siswa kelas III SDN Gebangsari 03, yang dikategorikan ke dalam tiga kelompok: tinggi, sedang, dan rendah. Selain itu, wawancara dilakukan untuk memperdalam dan memperkuat hasil dari angket dan tes, memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kemampuan adaptasi teknologi siswa dalam pembelajaran bilangan cacah. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan tigas perbedaan kategori yang signifikan dalam kemampuan adaptasi teknologi siswa dalam pembelajaran berbasis gamifikasi Wordwall. Siswa dengan kategiori kemampuan tinggi menunjukkan penggunaan teknologi yang sangat baik dan antusiasme tinggi, sedangkan siswa dengan kategori kemampuan sedang membutuhkan dukungan tambahan untuk mengatasi kesulitan. Siswa dengan kategori kemampuan rendah menghadapi tantangan besar dan memerlukan bantuan ekstra. Temuan dalam penelitian ini menunjukan pentingnya penyesuaian materi, dukungan personal, dan infrastruktur teknologi, serta kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi adaptasi teknologi siswa. Kata Kunci : Kemampuan Adaptasi Teknologi, Gamifikasi Wordwall, Bilangan Cacah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |