Handriyanningrum, Nelly (2024) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN EDPUZZLE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000007_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Matematika_34202000007_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada pembelajaran abad ke-21. Penggunaan teknologi pada pembelajaran juga sangat diperlukan untuk menunjang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Peneliti mengenalkan Edpuzzle sebagai media pembelajaran interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dengan memenuhi kriteria efektif yang ditinjau dari adanya pengaruh aktivitas belajar siswa dan hasil ketuntasan klasikal nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ketika pembelajaran menggunakan Edpuzzle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen bentuk One Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bangsri sedangkan sampel penelitian berjumlah 34 siswa kelas VII I SMP Negeri 2 Bangsri. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan pemahaman konsep yang berisi 5 soal pada materi statistika. Analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogrov-Smirrov, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, dan uji One Sample t-Test. Hasil uji regresi linier sederhana disimpulkan bahwa ada pengaruh dari aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan Edpuzzle terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai korelasi atau hubungan 92,4%. Hasil uji One Simple t-Test disimpulkan bahwa rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa mencapai lebih dari KKTP 75 yaitu 90,71. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Edpuzzle terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa termasuk kategori efektif jika diterapkan kepada siswa SMP untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Edpuzzle, dan Kemampuan Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 06:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |