PENGEMBANGAN MICROSITE BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA

Sundari, Retno (2024) PENGEMBANGAN MICROSITE BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000005_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)

Abstract

Literasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada pembelajaran abad ke-21. Pembelajaran yang diintegrasikan dengan teknologi sangat diperlukan untuk menunjang kemampuan guru dan pemahaman siswa dalam penyampaian materi pembelajaran. Dengan demikian, diperlukan teknologi media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam meningkatkan literasi matematis. Peneliti telah mengembangkan microsite berbantuan canva yang bertujuan untuk meningkatkan literasi matematis siswa yang telah memenuhi kriteria valid yang ditinjau dari hasil validasi ahli media dan materi, kriteria praktis yang ditinjau dari hasil angket respon guru dan angket respon siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Sayung, serta kriteria efektif yang ditinjau dari hasil ketuntasan individual, ketuntasan klasikal, dan adanya peningkatan nilai literasi matematis siswa sebelum serta sesudah pembelajaran dilaksanakan. Jenis penelitian yang telah dilaksanakan peneliti adalah menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Microsite telah dibuat dan dikembangkan oleh peneliti menggunakan canva yang berisikan materi, latihan soal dan pembahasan, serta kuis yang menunjang dalam meningkatkan literasi matematis siswa. Subjek yang telah digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Sayung sebanyak 30 siswa. Instrumen yang telah digunakan dalam pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre test, dan soal post test literasi matematis. Microsite berbantuan canva yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi matematis siswa. Hasil uji kevalidan dari ahli media sebesar 99,13% dan ahli materi sebesar 93,63%. Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru sebesar 93% dan angket respon siswa sebesar 86,76%. Hasil uji keefektifan berdasarkan hasil one sample T test, binomial test, paired sample T test, dan uji N-gain microsite berbantuan canva memiliki efektivitas untuk meningkatkan literasi matematis dengan kategori peningkatan sebesar 0,7240 yang termasuk dalam kategori “sangat tinggi”. Kata kunci: Microsite, Canva, Literasi Matematis, Statistika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Jan 2025 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37292

Actions (login required)

View Item View Item