Yekti, Citra Setya Hadining (2024) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENCEGAH PERILAKU KONTRAPRODUKTIF SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000118_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000118_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
Abstract
Penelitian berfokus pada analisis model pembelajaran Student Team Achievmen Division (STAD) dalam mencegah perilaku kontraproduktif siswa kelas IV yang ada di SD Negeri Sembungharjo 02 Kota Semarang.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah analisis. Instrumen yang dipakai yaitu wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievmen Division (STAD) efektif dalam mencegah perilaku kontaraproduktif, melalui tutor teman sebaya meningkatkan perilaku positif peserta didik seperti menghargai pendapat teman, terjalin keakraban antar teman karena pada dasarnya dalam belajar kelompok akan menimbulkan keaktifan peserta didik baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik yang akan menimbukan kolaborasi, saling memberi dan menerima baik dari perkataan maupun perbuatan, sehingga peserta didik terhindar dari perilaku kontraproduktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Perilaku Kontraproduktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 03:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |