Febrianti, Renanda Aulia Putri (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000116_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000116_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thingking Skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. data diperoleh dari siswa kelas V SDN Semawung Kembaran, Kutoarjo, Purworejo. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan memiliki kemampuan berpikir yang berbeda. Adanya perbedaan berpikir pada siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika menghasilkan untuk mengetahui tingkat tinggi, sedang dan rendah pada siswa kelas V. Kata Kunci: pemecahan masalah, komunikasi matematika, HOTS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 03:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |