HENDRAWATI, NOFA (2024) GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT SARI ASIH KARAWACI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Keperawatan_30902300098_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilmu Keperawatan_30902300098_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
Abstract
Latar Belakang : Indikator mutu pelayanan medis di rumah sakit tercermin dari kepuasan pasien terhadap pelayanan medis yang diterimanya . Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan merupakan penilaian menyeluruh suatu pelayanan dan keunggulan. Kemenkes (2016) tentang Standar Pelayanan Minimal untuk kepuasan pasien yaitu diatas 95%. Berdasarkan data di RS Sari asih Karawaci diambil dari wawancara 10 pasien ditemukan 70 % merasa puas tentang pelayanan di RS Sari Asih Karawaci. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat inap di Rumah Sakit Sari Asih Karawaci. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan bersifat kuantitatif . Sampel penelitian ini berjumlah 103 responden dengan non probability sampling. Metode pengukuran nya menggunakan kuesioner kepuasan pasien. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan dibantu program SPSS Hasil : Berdasarkan hasil analisa di peroleh bahwa dari 103 responden penelitian , sebagian besar karakteristik responden dengan umur tertinggi 36-45 tahun dengan jumlah 39 responden (37.9%), jenis kelamin tertinggi laki-laki 58 responden (56,3%). Hasil penelitian juga menunjukan sebagian besar merasa sangat puas 65 responden (63,1%). Hampir setengahnya 37 responden (35.9%) dan sebagian kecil 1 responden (1%) merasa tidak puas. Kesimpulan : Sebagian besar responden merasa sangat puas terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran rawat inap Rumah Sakit Sari Asih Karawaci dengan persentase 63.1%. Kemudian sebesar 35.9% responden merasa puas. Dan sisanya hanya sebesar 1.0% responden merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran rawat inap Rumah Sakit Sari Asih Karawaci Kata kunci : Kepuasan Keluarga pasien, Kualitas Pelayanan, Pendaftaran rawat inap
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37135 |
Actions (login required)
View Item |