MODEL PENINGKATAN REPURCHASE INTENTION MELALUI INOVASI PELAYANAN, KUALITAS APLIKASI MELALUI CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA SEMARANG

Muhtadi, Taufiq (2024) MODEL PENINGKATAN REPURCHASE INTENTION MELALUI INOVASI PELAYANAN, KUALITAS APLIKASI MELALUI CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300138_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300138_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh inovasi pelayanan terhadap customer satisfaction. Mengetahui adanya pengaruh kualitas aplikasi terhadap customer satisfaction. Mengetahui adanya pengaruh inovasi pelayanan terhadap repurchase intention. Mengetahui adanya pengaruh kualitas aplikasi terhadap repurchase intention. Mengetahui adanya pengaruh customer satisfaction terhadap repurchase intention. populasinya ialah konsumen yang pernah berbelanja online menggunakan aplikasi Shopee di Semarang yang menggunakan produk UMKM, serta tidak diketahui jumlah populasinya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif. Maka teknik pemilihan sampelnya ialah dengan nonprobability sampling melalui pendekatan purposive sampling. Teknik nonprobability sampling menurut Sugiyono (2022) ialah teknik sampling yang tidak memberikan kesempatan dan peluang serupa untuk masing-masing unsur dan anggota populasi yang dipilih untuk dijadikan sampelnya. Dan pendekatan purposive sampling menurut Sugiyono (2022) ialah teknik memilih sampel melalui suatu pertimbangan. Oleh karena itu, kriteria responden yang diberikan yaitu : Responden memiliki aplikasi Shopee, Responden berdomisili di Semarang, Responden berusia 18 - 35 Tahun, Responden pernah memakai aplikasi Shopee dalam belanja online, responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 200 responden (konsumen yang menggunakan Shopee). Analisis menggunkan PLS. Penelitian ini secara empiris membuktikan bahwa inovasi pelayanan dan kualitas aplikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang pengguna Shopee. Variabel kepuasan pelanggan terbukti menjadi penghubung yang kuat antara inovasi pelayanan, kualitas aplikasi, dan minat pembelian ulang. Temuan penelitian ini sejalan dengan data yang menunjukkan peningkatan kunjungan pengguna di aplikasi Shopee kuartal III tahun 2023, posisi Shopee sebagai e-commerce nomor satu pengunjung terbanyak III tahun 2023 di Indonesia. Kata kunci : inovasi pelayanan, kualitas aplikasi, customer satisfaction, repurchase intention

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2025 06:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37121

Actions (login required)

View Item View Item