SUMARTINI, SUMARTINI (2024) PENINGKATAN PENJUALAN UMKM DI JAWA TENGAH MELALUI CONTENT MARKETING DAN BRAND AWARENESS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Magister Manajemen_20402300136_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Manajemen_20402300136_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
Abstract
UMKM tidak hanya berfungsi sebagai penggerak ekonomi, namun juga sebagai sumber lapangan kerja serta agen pembangunan sosial. UMKM seringkali mengalami bermacam tantangan dalam meningkatkan bisnis mereka. Sebagian tantangan yang sangat signifikan untuk menggapai pasar yang lebih luas serta meningkatkan minat beli konsumen. Dengan terus menjadi banyaknya bisnis yang menggunakan pemasaran digital, persaingan di dunia online juga tentu akan terus menjadi semakin ketat. Untuk itu pelaku UMKM harus selalu membiasakan dalam strategi mereka bersumber pada hasil yang aktual. tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengelolaan kanal YouTube terhadap brand awareness produk UMKM, menguji dan menganalisis pengelolaan kanal YouTube terhadap purchase intention produk UMKM, dan menguji dan menganalisis peran brand awareness terhadap purchase intention pemilik produk-produk UMKM yang menjadi mitra binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesi (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kontinum agar dapat dibedakan untuk data ordinal, data interval dan ratio dengan teknik purposive sampling yaitu sejumlah 180 UMKM yang menjadi sampel penelitian dengan menggunakan metode survei. Analisis data penelitian ini mnggunakan Structural Equation Modeling (SEM) – Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan content marketing yang baik akan dapat memberikan manfaat untuk peningkatan brand awareness produk UMKM. Content marketing pada kanal Youtube juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention artinya jika dengan pengelolaan content marketing yang baik akan lebih mudah mengarahkan penonton YouTube untuk melakukan tindakan yang menguntungkan dengan melakukan transaksi pembelian. Selain itu dengan hasil brand awareness yang terbentuk dengan baik akan berdampak kepada minat beli konsumen. Kata kunci: UMKM, Content Marketing, YouTube, Brand Awareness, Purchase Intention
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 06:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37117 |
Actions (login required)
View Item |