Prasetyo, Prihatmoko Bagus (2024) MODEL PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING, ORIENTASI WIRAUSAHA, DAN KAPABILITAS INOVASI (Pada UKM Batik Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Magister Manajemen_20402300126_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Magister Manajemen_20402300126_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran Digital Marketing, Orientasi Wirausaha, dan Kapabilitas Inovasi dalam peningkatan Kinerja Pemasaran pada UKM Batik di Kota Semarang. Responden dalam penelitian ini adalah 100 pelaku usaha yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Strategi penelitian menggunakan strategi asosiatif, yaitu berdasarkan pada karakteristik masalah pokok penelitian. Penelitian asosiatif merupakan penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel atau lebih. Penelitian empiris ini merupakan explanatory quantitative research dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 3.0 sebagai alat analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel digital marketing, orientasi wirausaha, dan kapabilitas inovasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Strategi pemasaran digital memungkinkan pelaku usaha untuk berkomunikasi dengan konsumen mereka dalam berbagai cara, dan internet memungkinkan bisnis menjangkau khalayak yang lebih luas, sehingga dapat membantu pelaku usaha dalam meningkatkan penjualan dan menarik lebih banyak pelanggan potensial. Orientasi wirausaha merupakan bagian sumber daya sangat mendasar dari dalam jiwa pelaku usaha, dimana hal tersebut dapat mendorong keberhasilan suatu bisnis. Kapabilitas inovasi diartikan sebagai kemampuan suatu organisasi untuk melakukan pengembangan dan modifikasi pada produk dan teknologi yang dimilikinya, atau menciptakan produk dan teknologi yang baru, sehingga dengan memiliki kapabilitas inovasi maka dapat membantu perusahaan untuk menciptakan serta mengeksploitasi peluang - peluang eksternal dan dapat mengembangkan keunggulan yang berdaya tahan. Hasil penelitian memberikan rekomendasi dan implikasi manajerial kepada UKM Batik Semarang antara lain agar pelaku usaha dapat meningkatkan otonomi, membuka interaksi pelanggan yang lebih dalam dalam skala besar, mulai memahami pelanggan dengan lebih baik, dan meningkatkan pengenalan produk baru pada konsumen. Kata Kunci: Digital Marketing, Orientasi Wirausaha, Kapabilitas Inovasi, Kinerja Pemasaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 06:04 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37091 |
Actions (login required)
View Item |