Virgyawan, Hardika (2024) PENINGKATAN REPURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE DAN PRODUCT KNOWLEDGE DENGAN MODERASI DIGITAL MARKETING. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Magister Manajemen_20402300108_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Manajemen_20402300108_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi model konseptual tentang bagaimana meningkatan repurchase intention pada penggunaan aplikasi LinkAja dengan brand image dan product knowledge dengan moderasi digital marketing. Responden dalam penelitian ini adalah 110 orang yang ditentukan menggunakan teknik convenience sampling dengan kriteria seseorang yang pernah minimal menggunakan aplikasi LinkAja dalam waktu 3 bulan dan melakukan transaksi minimal 2 kali dalam sebulan pada aplikasi LinkAja di Universitas Islam Sultan Agung. Penelitian empiris ini merupakan field research dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 3 sebagai alat analisis data. Hasil penelitian ini adalah brand image berpengaruh terhadap repurchase intention. Product knowledge berpengaruh terhadap repurchase intention. Digital marketing mampu memoderasi hubungan brand image terhadap repurchase intention. Digital marketing mampu mempengaruhi hubungan product knowledge terhadap repurchase intention pada penggunaan aplikasi LinkAja. Sebagai alat pembayaran digital (e-wallet), brand image dan product knowledge menjadi prasyarat dasar yang diperlukan untuk meningkatan repurchase intention dengan modearsi digital marketing. Konsumen juga memiliki kecenderungan menggunakan media digital marketing dalam meningkatan repurchase intention pada penggunaan aplikasi LinkAja. Dimana digital marketing dapat terbentuk dari brand image dan product knowledge terhadap aplikasi LinkAja. Hal ini juga terkait dengan product knowledge dari konsumen pada peningkatan repurchase intention. Konsumen bisa saja menggunakan aplikasi dompet digital (e-wallet) yang lain, akan tetapi juga memiliki dorongan atau keinginan untuk menggunakan aplikasi LinkAja yang dipengaruhi oleh brand image bahwa aplikasi LinkAja hadir dengan menawarkan presepsi yang lebih baik. Temuan penelitian ini dapat memberikan implikasi manajerial membantu memberikan manfaat dan wawasan untuk LinkAja dan perusahaan lainnya yang ada di Indonesia. Bagi aplikasi LinkAja yakni dapat digunakan sebagai gambaran dalam menentukan strategi yang tepat untuk meningkatan repurchase intention dengan membangun brand image dan product knowledge melalui moderasi digital marketing yang baik dan tepat sasaran. Kata Kunci: Repurchase Intention, Brand Image, Product Knowledge, Digital Marketing
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 03:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37067 |
Actions (login required)
View Item |