MODEL PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN DENGAN SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Rasiono, Avin Galih (2024) MODEL PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN DENGAN SISTEM PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen 20402300098_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi model konseptual tentang bagaimana menarik minat beli melalui kepercayaan konsumen dan kemudahan, dengan Sistem pembayaran cash on delivery sebagai variabel moderasi. Responden dalam penelitian ini adalah 170 orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria seseorang yang pernah menggunakan aplikasi lazada. Penelitian empiris ini merupakan explanatory quantitative reasearch dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 3 sebagai alat analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan variabel kepercayaan konsumen, kemudahan dan Sistem pembayaran cash on delivery sebagai variabel moderasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Kepercayaan dalam melakukan pembelian melalui e-commerce merupakan hal yang mempengaruhi dalam keputusan pembelian. Penjual harus bisa memberikan kepercayaan sesuai harapan konsumen agar konsumen yakin dengan produk yang akan dibeli. Hubungan komunikasi antara penjual dengan konsumen juga mempengaruhi peningkatan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi dan mengoperasikan teknologi internet untuk melakukan kegiatan belanja online menjadikan konsumen untuk memutuskan pembelian secara online. Sebuah website tidak harus selalu menarik secara teknis saja tetapi juga harus mudah digunakan agar memberi dorongan positif bagi keputusan konsumen untuk melakukan transaksi kepada perusahaan. Metode Cash On Delivery (COD) dan E- Wallet sudah sukses bekerjasama dengan Marketplace. Transaksi Marketplace dilakukan tanpa kontak manusia secara langsung, semua proses transaksi pada Marketplace menggunakan transaksi pembayaran Cash On Delivery (COD) dan pembayaran online dengan layanan E-wallet. Kata Kunci: Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Cash On Delivery, Keputusan Pembelian Online

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 Jan 2025 03:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37037

Actions (login required)

View Item View Item