IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH (MA) MATHALI’UL HUDA TRANGKIL PATI

Ni’mah, Liya Luthfatun (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH (MA) MATHALI’UL HUDA TRANGKIL PATI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300084_fulldoc.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300084_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mathali’ul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mathali’ul Huda (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mathali’ul Huda (3) Mengetahui evaluasi implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mathali’ul Huda. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian bersifat deskriptif. Data diperoleh dari berbagai sumber yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi, dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mathali’ul Huda Trangkil telah berjalan dengan baik yang ditunjukkan oleh persiapan yang matang dari guru (2) Faktor yang mendukung dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mathali’ul Huda Trangkil yaitu: semangat dan antusisme peserta didik, kreativitas dan inovasi guru, dukungan dari orang tua, fasilitas yang memadai, lingkungan madrasah yang nyaman, serta manajemen sekolah yang baik. Sementara itu, faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mathali’ul Huda yaitu: kurangnya pelatihan untuk guru, keterbatasan sumber daya teknologi, resistensi terhadap perubahan, serta kompleksitas materi (3) Evaluasi implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mathali’ul Huda Trangkil dilakukan secara berkesinambungan dan reflektif. Dibuktikan dengan hasil prestasi belajar siswa yang aktif dan meningkat. Tujuan akhirnya yaitu mewujudkan generasi yang berakhlak dan berintegritas. Kata Kunci: implementasi, kurikulum merdeka, akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 21 Jan 2025 02:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36940

Actions (login required)

View Item View Item