PENGARUH MEDIA POSTER DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR AL QUR'AN HADIS SISWA KELAS V MI MAFATIKHUSSIBYAN DUKUHLO KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES

KHAERUNNISA, KHAERUNNISA (2024) PENGARUH MEDIA POSTER DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR AL QUR'AN HADIS SISWA KELAS V MI MAFATIKHUSSIBYAN DUKUHLO KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300083_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300083_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Beberapa tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis melibatkan ketidakseragaman metode pengajaran serta kurangnya daya tarik visual dalam penyampaian materi. Selain itu, tingginya penggunaan teknologi di kalangan siswa dapat dimanfaatkan dengan lebih baik untuk meningkatkan minat belajar mereka. Oleh karena itu, penggunaan media poster dengan aplikasi Canva diharapkan dapat mengatasi tantangan ini dan memberikan alternatif yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh media poster dengan menggunakan aplikasi Canva terhadap minat belajar Al-Qur’an Hadis; 2) pengaruh media poster dengan menggunakan aplikasi Canva terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis; dan 3) pengaruh media poster dengan menggunakan aplikasi Canva terhadap minat belajar dan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MI Mafatikhussibyan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain eksperimen yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari Kelas VA dan kelas VB. Karena jumlah sampel kurang dari 50 maka metode pentuan sampelnya menggunakan sampel sensus, yaitu semua populasi dijadikan sebagai sampel, yaitu 20 siswa kelas VA sebagai kelompok Eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dari hasil angket minat belajar dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan essay. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan uji Independent Sampel T Tes dan multivariate analisis of varience (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: minat belajar siswa yang di ajar dengan media poster aplikasi Canva memiliki minat belajar yang sangat baik atau sangat kuat sedangkan siswa yang tidak menggunakan media poster Canva memiliki minat belajar yang cukup baik. Hasil belajar pun demikian, siswa kelompok eksperimen memiliki hasil belajar dengan rata-rata 78,30, sedangkan siswa kelompok kontrol memiliki rata-rata 69,65. Dari uji hipotesis diperoleh bahwa penggunaan media dengan menggunakan poster aplikasi Canva berpengaruh secara signifikan, begitu juga penerapan media poster dengan menggunakan aplikasi Canva terhadap hasil belajar berpengaruh secara signifikan. Penerapan media poster dengan menggunakan aplikasi Canva juga secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 21 Jan 2025 02:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36939

Actions (login required)

View Item View Item