PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA DI SD EKA TJIPTA KAPUAS HULU

FIRDAUS, FIRDAUS (2024) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA SISWA DI SD EKA TJIPTA KAPUAS HULU. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300051_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300051_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)

Abstract

Proses pendidikan tak lepas dari peran guru sebagai figur utama dalam memberi teladan bagi peserta didik. Proses pembentukan karakter manusia yang didominasi dengan jalan pendidikan juga tak akan pernah lepas dari peranan seorang guru dalam menahkodai jalannya pembelajaran. Sehingga dalam hal ini, pendidikan juga semestinya mengusung pembelajaran yang dapat menciptakan kebiasaan baru, dalam upaya menumbuhkembangkan sikap toleransi kepada peserta didik. Sehingga pendidikan Agama yang berwawasan multikultural dapat dijadikan salah satu solusi dalam mengembangkan karakter peserta didik yang inklusif dan toleran terhadap perbedaan. Pertanyaan penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Peranan Guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai multikultural pada siswa di SD Eka Tjipta Kapuas Hulu? (2) Apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam menumbuhkan nilainilai multikultural pada siswa di SD Eka Tjipta Kapuas Hulu? Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui peranan guru PAI dalam menumbuhkan nilainilai multikultural pada siswa di SD Eka Tjipta Kapuas Hulu. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai multikultural pada siswa di SD Eka Tjipta Kapuas Hulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara teknik penjamin keabsahan data menggunakan triagulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan Guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai Multikultural terhadap pengembangan sikap toleransi di SD Eka Tjipta Kapuas Hulu sudah baik. dapat dilihat dari beberapa peranannya sebagai berikut: (a) Memupuk Budaya Toleransi, (b) Menanamkan Sikap No Rasis, (c) Morning Meeting (Pembiasaan), dan (d) Memberi Perlakuan sama Terhadap Perbedaan Kemampuan dan Gender. Selain itu, penulis mengidentifikasi beberapa faktor yang mendukung Guru PAI ketika menjalankan tugasnya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan pelatih dalam menerapkan pendidikan multikultural yaitu: (a) Fasilitas Ruang Ibadah, (b) Guru dari Berbagai Agama, (c) Buku Pendukung, (d)Kultur Warga Sekolah SD Eka Tjipta Kapuas Hulu. Sedangkan faktor yang menghambat Guru PAI dalam menjalankan pendidikan multikultural adalah sebagai berikut: (a) Kepribadian Guru, (b) Anak yang terlalu nyaman dengan kultur sekolah, dan (c) Orang tua yang menuntut penambahan pembelajaran Agama. Kata Kunci: Peranan Guru PAI, Nilai-Nilai Multikultural

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 20 Jan 2025 04:02
Last Modified: 20 Jan 2025 04:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36897

Actions (login required)

View Item View Item