PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VI MIS AL-FURQON KLUMPANG KEBUN

KUMALA, DINA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VI MIS AL-FURQON KLUMPANG KEBUN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300043_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300043_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Fikih siswa menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dengan model kooperatif tipe Jigsaw, serta perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dan rendah. Populasi penelitian adalah 26 siswa kelas VI MIS Al-Furqon Klumpang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan faktor 2x2, di mana variabel bebasnya adalah model pembelajaran (Jigsaw dan Konstruktivisme) serta kemampuan berpikir kreatif (tinggi dan rendah), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Fikih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model Jigsaw memiliki nilai rata-rata lebih tinggi (89,30) dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model Konstruktivisme (83,60). Selain itu, siswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi memperoleh hasil belajar lebih baik (89,24) dibandingkan dengan siswa yang berpikir kreatif rendah (83,84). Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif yang mempengaruhi hasil belajar Fikih. Kata Kunci : Model Jigsaw, Konstruktivisme, Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Dec 2024 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36764

Actions (login required)

View Item View Item