MUTI, FATKHATUN (2024) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT IMAM AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LĪMUL MUTA’ALLĪM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (Studi Fokus Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200014_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200014_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
Abstract
Fatkhatun Muti’ (21502200014). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Imam Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’līmul Muta’allīm dan Relevansinya terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Studi Fokus Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia) Pendidikan merupakan salah satu aspek fundamental dalam pembentukan karakter dan kepribadian individu. Melalui pendidikan, nilai-nilai moral dan etika ditanamkan sejak dini guna membentuk generasi yang berintegritas dan berkontribusi positif terhadap masyarakat. Di Indonesia, konsep pendidikan karakter telah menjadi fokus utama dalam sistem pendidikan nasional, terutama dengan diperkenalkannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang menekankan pada pengembangan nilai-nilai luhur sesuai dengan ideologi bangsa. Burhanuddin az-Zarnuji, seorang cendekiawan Islam yang hidup pada abad ke-14, memberikan kontribusi besar pada pengembangan pendidikan karakter dalam tradisi Islam melalui karyanya, Kitab Ta’līmul Muta’allīīm, az-Zarnuji menguraikan prinsip-prinsip pendidikan yang berfokus pada pengembangan karakter yang baik dan moralitas yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep Pendidikan karakter dalam kitab Ta’līmul Muta’allīīm karya imam az-Zarnuji, konsep dan penerapan kurikulum merdeka, dan relevansi Pendidikan karakter dalam kitab Ta’līmul Muta’allīīm karya imam az-Zarnuji terhadap terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Studi Fokus Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan sumber data primer kitab Ta’līmul Muta’allīīm karya imam al-Zarnuji, dan sumber data sekunder berupa buku-buku dan jurnal yang relevan dengan Pendidikan karakter dan kurikulum merdeka serta implementasinya. Adapun metode analisis data berupa analisis isi (content analysis), analisis induktif, dan deskriptif analitik. Hasil dari penelitian ini adalah Konsep Pendidikan karakter dalam kitab Ta’līmul Muta’allīīm meliputi etika dalam belajar mengajar yaitu adab terhadap guru dan kesungguhan serta kedisiplinan, pengembangan sikap spiritual, sikap terhadap ilmu, sikap terhadap sesama, pengendalian diri dan etika pribadi, konsep pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ta’līmul Muta’allim memiliki relevansi terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dapat dilihat dari beberapa aspek terutama pada pendekatan Pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang diajarkan, dan tujuan Pendidikan, Pembentukan Karakter Melalui Penghormatan Terhadap Guru dan Orang Tua, dan Pengembangan Kemandirian dan Tanggung Jawab.. Kata kunci: Pendidikan karakter, Ta’līmul Muta’allīīm, Pancasila
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 03:02 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 03:02 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36702 |
Actions (login required)
View Item |