RIFA’I, AHMAD (2024) POLA BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 1 JUWANA KABUPATEN PATI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200004_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200004_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
Abstract
Tolak ukur keberhasilan dalam proses belajar dapat dilihat dari tingkat penguasaan materi, pemahaman, dan hasil belajar siswa, semakin tinggi prestasi siswa maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pembelajaran. Prestasi siswa sendiri sangat bergantung pada kegiatan belajar yang mereka lakukan, kegiatan belajar sendiri memiliki beberapa faktor, diantaranya adalah pola belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskrptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Milles & Huberman yang meliputi reduksi data penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi Dari analisis data ditemukan: 1) Diskripsi Pola Belajar Siswa Kelas 9 SMP N 1 Juwana pada Mata Pelajaran PAI yang menggunakan pola belajar visual yaitu menggunakan metode mind mapping. 2) Diskripsi Efektifitas Pola Belajar Siswa Kelas 9 SMP N 1 Juwana yang menggunakan metode mind mapping. 3) Diskripsi Peranan Pola Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas 9 SMP N 1 Juwana yang menggunakan metode mind mapping. Kesimpulan yang didapat meliputi: 1) Pola belajar siswa kelas 9 SMP N 1 Juwana pada mata pelajaran PAI lebih dominan menggunakan pola belajar visual yaitu menggunakan metode mind mapping, dengan alasan akan membuat siswa dapat mengembangkan kreativitas pemikiran mereka dan meningkatkan kemampuan mereka untuk memahami dan mengingat informasi. 2) Efektifitas pola belajar siswa kelas 9 SMP N 1 Juwana sudah sangat efektif karena guru PAI kelas 9 SMP N 1 Juwana menggunakan metode mind mapping karena metode mind mapping efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Pola belajar memiliki peranan penting dan signifikan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode mind mapping membantu dalam pemahaman materi, meningkatkan keterlibatan siswa, dan mempermudah organisasi informasi. Kata kunci: Pola belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 02:58 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 02:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36701 |
Actions (login required)
View Item |