PENGARUH KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS DAN TERPAAN KONTEN TIKTOK AKUN VINA MULIANA TERHADAP KEPUASAN FOLLOWERS AKUN TIKTOK VINA MULIANA

ardiningsih, Salima Ayu (2024) PENGARUH KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS DAN TERPAAN KONTEN TIKTOK AKUN VINA MULIANA TERHADAP KEPUASAN FOLLOWERS AKUN TIKTOK VINA MULIANA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000137_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000137_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Jumlah pengangguran di Indonesia masih tergolong tinggi dengan angka sebanyak 7,86 juta orang dari 147,71 juta angkatan kerja per Agustus 2023. Namun dengan perkembangan media sosial muncul berbagai konten kreator. Salah satunya adalah Vina Muliana yang aktif membuat konten di TikTok mengenai informasi seputar pekerjaan dan karier. Informasi yang disebarkan di akun TikTok Vina Muliana ini tentu berpengaruh untuk para pencari kerja memenuhi kebutuhan informasinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Kebutuhan Informasi Followers Dan Terpaan Konten Tiktok Akun Vina Muliana Terhadap Kepuasan Followers Akun Tiktok Vina Muliana. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivistik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah uses and gratification. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengambilan data adalah nonprobability sampling dan purposive sampling dengan 100 responden yang diseleksi sesuai dengan kriteria yang dibuat penulis. Uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linier berganda, dan hipotesis diterapkan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa semua item kuesioner dianggap valid, dan data dianggap reliabel dengan nilai alpha Cronbach minimal 0,6. Selain itu, data menunjukkan distribusi normal. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda karena adanya beberapa variabel independen. Hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan uji t dan uji f dengan f hitung > f tabel yaitu 36.783 > 3,09 menunjukkan bahwa kepuasan pengikut akun TikTok Vina Muliana dipengaruhi oleh paparan mereka terhadap konten TikTok dan kebutuhan mereka. Cakupan responden relatif spesifik dan acak, yang menjadi keterbatasan penelitian ini dan hanya melakukan penyelidikan pada pengikut akun TikTok Vina Muliana. Kata kunci : kebutuhan informasi followers, terpaan konten TikTok, kepuasan followers

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36641

Actions (login required)

View Item View Item