MENGURAI KONSEP DIRI MAHASISWA PENGGUNA FASHION THRIFT DI KOTA SEMARANG

Rizal, Rizka Khairunnisa (2024) MENGURAI KONSEP DIRI MAHASISWA PENGGUNA FASHION THRIFT DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000135_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000135_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Fashion thrift yang awalnya dianggap sebagai pilihan bagi kalangan menengah ke bawah kini telah menjadi tren yang populer di berbagai kalangan. Pergeseran ini didorong oleh kesadaran akan pentingnya keberlanjutan, keinginan untuk tampil unik, dan keterbatasan anggaran. Minat masyarakat terhadap fashion thrift tetap meningkat meskipun masih ada stigma negatif yang melekat, yang membuat para pengguna tetap menghadapi tantangan terkait konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri yang terbentuk pada mahasiswa pengguna fashion thrift di Kota Semarang berdasarkan tiga konsep utama pada teori interaksi simbolik yaitu mind (pikiran), self (diri), dan society (masyarakat) yang dicetuskan oleh George H. Mead. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana hasil penelitian berupa gambaran dari konsep diri mahasiswa pengguna fashion thrift di Kota Semarang. Selain itu, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur terhadap 3 informan serta diperkuat dengan studi pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa konsep diri ketiga informan mahasiswa pengguna fashion thrift di Kota Semarang menunjukkan kecenderungan positif. Mereka memahami diri sendiri, tetap percaya diri meski ada pandangan negatif, dan memilih fashion thrift sebagai solusi gaya yang efisien secara finansial. Fashion thrift membantu mereka mengekspresikan identitas unik, dengan dukungan dari lingkungan dan jaringan pertemanan yang memperkuat rasa percaya diri. Meskipun ada tantangan, mereka tetap memandang fashion thrift secara positif sebagai sarana eksplorasi gaya yang sesuai dengan karakter mereka. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan dengan melakukan wawancara terhadap masyarakat sekitar untuk memperkaya pandangan tentang konsep diri mahasiswa pengguna fashion thrift. Selain itu, penambahan jumlah informan juga diperlukan, mengingat penelitian ini hanya melibatkan sedikit informan dari perguruan tinggi di Kota Semarang. Kata Kunci : Konsep Diri, Fashion Thrift, Teori Interaksi Simbolik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36636

Actions (login required)

View Item View Item