Gading, Muara Prana (2024) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP ISI PESAN IKLAN YOUTUBE SOFTEX DAUN SIRIH VERSI VOICE OF BACEPROT STORY (Studi Kualitatif Deskriptif pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000067_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000067_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerimaan mahasiswa UNISSULA terhadap pesan iklan Softex Daun Sirih versi VoB Story yang tayang di YouTube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana khalayak dapat menerima dan memaknai pesan yang disampaikan melalui iklan yang ditampilkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma interpretif, dengan menggunakan teori Resepsi oleh Stuart Hall. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur sebagai sumber primer dan studi Pustaka sebagai sumber sekunder. Pengambilan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling dengan kualifikasi perempuan berusia 18-25 tahun, telah terpapar iklan Softex dan merupakan mahasiswa UNISSULA. Data yang ditemukan kemudian dianalisis menggunakan Teori Resepsi oleh Stuart Hall. Menurut Stuart Hall, terdapat tiga posisi penerimaan, namun dalam penelitian ini dari kelima informan ditemukan dua posisi. Terdapat empat informan yang berada di negotiated position dan satu informan yang berada pada dominant position dalam penerimaan mereka terhadap pesan iklan Softex Daun Sirih versi VoB Story. Penelitian ini menemukan bahwa pemaknaan yang dimiliki masingmasing informan dipengaruhi oleh berbagai factor internal dan eksternal, diantaranya adalah pengalaman, pengetahuan budaya dan konsumsi media. Hal ini menandakan bahwa pemaknaan pesan oleh khalayak bersifat dinamis atau dapat berubah seiring dengan perubahan yang terjadi pada diri individu. Selain itu dalam penelitian ini informan memaknai pesan iklan dengan cukup baik. Terlihat pemaknaan khalayak terhadap iklan Softex Daun Sirih versi VoB Story menunjukkan persepsi positif terhadap Softex. Dengan mengangkat isu mengenai perempuan, sebagai konsumen softex, kelima informan merasa dimengerti terkait kesulitan yang dialami. Penelitian ini memiliki keterbatasan dimana informan memiliki rentang usia yang hamper sama, sehingga memungkinkan kesamaan opini atau latar belakang. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat memilih informan dengan rentang usia dan latar belakang yang lebih beragam. Kata Kunci : Isi Pesan, Iklan Softex, Resepsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 01:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36548 |
Actions (login required)
View Item |