PERLINDUNGAN HUKUM PEMEGANG HAK MEREK TERKENAL YANG DIPALSUKAN DAN DIBAJAK DIJUAL DALAM PLATFORM E- COMMERCE (Studi Kasus Pelanggaran Merek Longchamp)

Sari, Heni Indria (2024) PERLINDUNGAN HUKUM PEMEGANG HAK MEREK TERKENAL YANG DIPALSUKAN DAN DIBAJAK DIJUAL DALAM PLATFORM E- COMMERCE (Studi Kasus Pelanggaran Merek Longchamp). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302100156_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302100156_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Merek merupakan suatu bagian penting dalam mengetahui sebuah identitas yang ada pada produk yang dapat menjadikan suatu pembeda antara produk yang satu dengan yang lainnya. Dengan ini diperlukan adanya perlindungan hukum mengenai ketentuan pendaftaran merek yang ada di Indonesia. Perlindungan hukum pada terhadap pemegang hak merek terkenal yang dipalsukan dan dibajak dalam platform e-commerce merupakan isu penting dalam era digital ini. Pada penelitian ini mengkaji pelanggaran merek Longchamp yang dijual di platform e-commerce dan bagaimana Undang-Undang yang berlaku di Indonesia melindungi merek tersebut. Metode penelitian yang digunakan penulisan ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan studi kasus. Metode penelitian ini menggunakan penelitian hukum kepustakaan dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan atau data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan mengenai upaya perlindungan hukum terhadap pemegang hak atas merek terdaftar dengan perlindungan hukum preventif dan perlindungan hukum represif yang dapat diberikan oleh negara sebagai upaya perlindungan hukum bagi pemegang hak atas merek terdaftar. Bahwa meskipun terdapat regulasi yang mengatur pelanggaran hak atas merek dan implementasi perlindungan hukum terhadap konsumen masih mengalami berbagai kendala, terutama dalam pengawasan dan penegakan hukum di platform e-commerce. Adanya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Sehingga perlindungan ini melibatkan berbagai lembaga yang bertanggung jawab untuk memastikan hak-hak konsumen terpenuhi dan melindungi mereka dari praktik perdagangan yang merugikan. Kata Kunci : Perlindungan hukum; pemegang merek; e-commerce

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Nov 2024 01:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36433

Actions (login required)

View Item View Item