KAJIAN KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR DI KAWASAN PERDAGANGAN DAN JASA (Studi Kasus: Koridor Jalan MT. Haryono Semarang)

Romadhona, Ade Danti Nova (2024) KAJIAN KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR DI KAWASAN PERDAGANGAN DAN JASA (Studi Kasus: Koridor Jalan MT. Haryono Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Perencanaan Wilayah dan Kota_31202000006_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Perencanaan Wilayah dan Kota_31202000006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Jalan MT. Haryono merupakan jalan kolektor sekunder kawasan perdagangan dan jasa di Kota Semarang yang termasuk kedalam (bagian wilayah kota) BWK I yang memiliki kepadatan lalu lintas yang relatif tinggi. Adanya aktivitas perdangan dan jasa maka akan membutuhkan pelayanan parkir. Pelayanan fasilitas parkir harus di rencanakan agar tertata secara efisien dan dapat menampung lebih banyak kendaraan. Parkir di Koridor Jalan MT. Haryono berupa “off street parking” dan “on street parking” yang artinya parkir tepi atau badan jalan. Jalan kolektor sekunder diperbolehkan untuk parkir di badan jalan namun dibatasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian dibagi menjadi 6 segmen, teknik observasi data primer menggunakan metode cordon count, cara ini dilakukan dengan mendirikan pos-pos pencatat terpisah dimana pos menghitung jumlah kendaraan yang datang dan meninggalkan area parkir di setiap interval waktu tertentu. Observasi lapangan dilakukan menjadi tiga waktu, pagi (08.00- 10.00 WIB), siang (12.00-14.00 WIB) dan Sore (15.00-17.00 WIB) yang dilakukan pada hari kerja (senin & kamis) dan hari libur (sabtu & minggu). Volume parkir maksimum kendaraan roda dua pada segmen 4 sebanyak 324 kendaraan, dan kendaraan roda empat pada segmen 4 sebanyak 164 kendaraan. Akumulasi parkir maksimum pada kendaraan roda empat di segmen 4 dengan 51 kendaraan, dan kendaraan roda dua di segmen 2 dengan 92 kendaraan. Rata-rata durasi kendaraan roda dua sebesar 2,8 jam/kend sedangkan untuk kendaraan roda empat sebesar 3,8 jam/kend. Indeks parkir tertinggi kendaraan roda empat terjadi di segmen 5 pada hari sabtu yaitu sebanyak 71,74% dan kendaraan roda dua terjadi di segmen 2 hari sabtu yaitu sebanyak 24,86%. tingkat pergantian parkir kendaraan roda empat tertinggi terjadi saat weekday yaitu pada segmen 5 sebanyak 0,43 kendaraan/petak/jam dan kendaraan roda dua tertinggi juga terjadi pada saat weekday yaitu pada segmen 3 sebanyak 0,16 kendaraan/petak/jam. Untuk kebutuhan ruang parkir perlu adanya perluasan atau penambahan ruang parkir kendaraan roda empat teruntuk segmen II, segmen III, segmen VI dan segmen V. Kata Kunci: karakteristik parkir, kebutuhan ruang parkir, jalan MT. Haryono

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 Nov 2024 01:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36306

Actions (login required)

View Item View Item