Rizaldi, Muhammad Rafi (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN CUCI SEPATU ATAS KELALAIAN PELAKU USAHA (STUDI KASUS LAVER SHOES KABUPATEN JEPARA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Hukum_30302000218_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Hukum_30302000218_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum bagi konsumen jasa cuci sepatu di Laver Shoes Kabupaten Jepara dan penyelesaian sengketa yang timbul akibat kerugian yang dialami konsumen. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengatur hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha, memastikan kepastian hukum dan mendorong iklim usaha yang sehat. Hukum perlindungan konsumen tidak hanya melindungi konsumen, tetapi juga pelaku usaha, menciptakan keseimbangan hak dan kewajiban yang setara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan cara terjun langsung ke objeknya. Metode ini memaparkan pernyataan yang ada di lapangan berdasarkan asas-asas hukum atau perundang-undangan yang berlaku dan relevan dengan permasalahan yang dikaji. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu perlindungan hukum pada jasa cuci sepatu di Laver Shoes Kabupaten Jepara, telah mencakup aspek perlindungan konsumen, tanggung jawab penyedia jasa, serta ketentuan kontrak dan Standar Operasional Prosedur. Perlindungan konsumen diatur oleh Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dengan berbagai peraturan dan mekanisme ini, konsumen diharapkan merasa aman dan terlindungi saat menggunakan jasa cuci sepatu, sementara penyedia jasa harus memahami dan mematuhi regulasi yang ada untuk menjaga reputasi dan kepercayaan konsumen. Penelitian ini mengkaji penyelesaian sengketa akibat kerugian yang dialami konsumen oleh pelaku usaha cuci sepatu di Laver Shoes, Kabupaten Jepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian sengketa dilakukan melalui musyawarah antara pelaku usaha dan konsumen untuk mencapai kesepakatan ganti rugi. Tanggung jawab penuh diambil oleh pelaku usaha, yang juga berupaya menjaga reputasi perusahaan dan kepercayaan konsumen. Kata kunci: Perlindungan konsumen, Tanggung jawab pelaku usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 02:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36191 |
Actions (login required)
View Item |