EFEKTIFITAS KEADILAN RESTORATIF DALAM PENYELESAIAN KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS PADA KEJAKSAAN NEGERI SURABAYA)

HADIYANTO, SUPARLAN (2024) EFEKTIFITAS KEADILAN RESTORATIF DALAM PENYELESAIAN KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS PADA KEJAKSAAN NEGERI SURABAYA). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200323_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200323_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini ialah mengkaji dan menganalisis menganalisis efektifitas pelaksanaan keadilan restoratif dalam penyelesaian kasus kecelakaan lalu lintas (Studi kasus pada kejaksaan negeri surabaya), untuk mengkaji dan menganalisis kelemahan efektifitas keadilan restoratif dalam penyelesaian kasus kecelakaan lalu lintas (Studi kasus pada kejaksaan negeri surabaya), untuk mengkaji dan menganalisis efektifitas keadilan restoratif dalam penyelesaian kasus kecelakaan lalu lintas dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder yang akan dianalisis secara kualitatif. Permasalahan penelitian dianalisis menggunakan teori tujuan hukum, teori kepastian hukum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Penyelesaian kecelakaan lalu lintas melalui pendekatan hukum Restorative justice dapat dilakukan dengan cara ADR (Alternative Dispute Resolution) apabila kecelakaan dalam kategori Ringan; 2). Kelemahan dalam penyelesaian kecelakaan lalu lintas dengan pendekatan restorative justice, yaitu kendala terkait dengan faktor hukumnya sendiri, kendala terkait dengan faktor penegak hukum, dan kendala terkait masyarakat dan budayanya; 3). Efektifitas pelaksanaan Restoratif justice di masa yang akan datang adalah apabila kecelakaan dalam kategori Ringan. Kata Kunci : Keadilan Restorstuf, Tindak Pidana, Kecelakaan Lalu Lintas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35546

Actions (login required)

View Item View Item