PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN NOMOR 16/PID.SUS-ANAK/2022/PN.SMG)

WAHYUNI, ELVI (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN NOMOR 16/PID.SUS-ANAK/2022/PN.SMG). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200209_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200209_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Penyebaran narkotika di Indonesia cukup marak dilakukan. Dampak dari penyebaran ini adalah sebagian besar merugikan remaja maupun anak-anak yang masih tergolong di bawah umur. Yang tanpa disadari bahwa perbuatan tersebut adalah dilarang hukum menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Efek yang diakibatkan oleh narkotika ini sangat dirasakan besar pengaruhnya bagi pribadi maupun masyarakat. Dalam hal penggunaan narkotika itu sendiri, ada faktor - faktor penyebab seorang anak melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Dalam hal seorang anak sudah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika maka perlu mendapatkan perlindungan hukum. Metode pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian tesis ini adalah metode pendekatan yuridis normatif, yaitu dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan sebagai landasan dasar dalam penelitian serta menganalisis berdasarkan bahan studi pustaka maupun literatur dan karya ilmiah lainnya. Hasil pembahasan penelitian tesis berdasarkan rumusan masalah yang dicantumkan oleh penulis menerangkan bahwa banyak faktor yang menyebabkan anak melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika, namun yang menjadi faktor terpenting adalah peran orangtua dan faktor lingkungan pertemanan yang dapat memicu tingkah laku seorang anak melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Kemudian apabila telah terjadi tindak pidana penyalahgunaan narkotika oleh anak ,maka hakim akan memberikan perlindungan hukum. Bentuk perlidungan hukum yang diberikan yaitu sebagaimana yang diatur di dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Anak dengan mengedepankan kebijakan Diversi dengan cara penggantian pidana kurungan dengan masa pelatihan dan pelayanan masyarakat. Kemudian menetapkan sanksi kepada Anak/Terdakwa sesuai dengan Pasal 82 Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak. Kata Kunci : Narkotika, Faktor, Perlindungan Hukum

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35452

Actions (login required)

View Item View Item