ANALISIS YURIDIS PROSES PENYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN OLEH KEPOLISIAN DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENIPUAN SERTA PENGGELAPAN UNTUK MEWUJUDKAN KEPASTIAN HUKUM

NEGARA, DIMAS ANDHI CIPTA (2024) ANALISIS YURIDIS PROSES PENYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN OLEH KEPOLISIAN DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENIPUAN SERTA PENGGELAPAN UNTUK MEWUJUDKAN KEPASTIAN HUKUM. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200200_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200200_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Negara Indonesia berdasarkan atas hukum, tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui proses penyelidikan dan penyidikan oleh kepolisian dalam mengungkap tindak pidana penipuan dan penggelapan untuk mewujudkan kepastian hukum; Untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam proses penyelidikan dan penyidikan oleh kepolisian dalam mengungkap tindak pidana penipuan dan penggelapan untuk mewujudkan kepastian hukum. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data sekunder bersumber dari bahan hukum primer, hukum sekunder, dan hukum tersier, serta narasumber pakar hukum. Pengumpulan data melalui metode campuran antara data lapangan dan kepustakaan. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif, kemudian dilakukan pengambilan kesimpulan dengan metode induktif. Permasalahan penelitian dianalisis dengan Teori Tanggung Jawab Hukum dan Teori Sistem Hukum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Proses penyelidikan dan penyidikan oleh kepolisian dalam mengungkap tindak pidana penipuan dan penggelapan untuk mewujudkan kepastian hukum Peran Penyidik dalam Penyelesaian Tindak Pidana Penggelapan Aset Perusahaan maka penyidik melaksanakan tugasnya dalam melakukan penyidik yang akhirnya dapat melakukan pembuatan Berita Acara Pemeriksaan saksi, menetapkan tersangka dan menemukan Barang Bukti yang selanjutnya diserahkan ke Penuntut Umum; Hambatan dan solusi dalam proses penyelidikan dan penyidikan oleh kepolisian dalam mengungkap tindak pidana penipuan dan penggelapan untuk mewujudkan kepastian hukum: Faktor Ekstern, Faktor Intern Penyidik; Kendala-kendala yang dihadapi oleh penyidik baik kepolisian maupun kejaksaan dalam menangani tindak pidana penggelapan aset secara umum adalah sebagai berikut: Kompleksitas perkara; Masih lemahnya koordinasi antar Lembaga; Waktu terjadinya tindak pidana; Kemajuan dibidang teknologi informasi; Tersangka memiliki kemampuan mengcounter sangkaan penyidik. Kata kunci: Penyelidikan dan Penyidikan, Tindak Pidana, Penipuan, Penggelapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35441

Actions (login required)

View Item View Item