EFEKTIFITAS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA DENGAN PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU PASCA PEMBERLAKUAN UNDANG-UNDANG NO. 6 TAHUN 2023 TENTANG PERPU CIPTA KERJA

MUNAWAR, MUCHLIS (2024) EFEKTIFITAS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEKERJA DENGAN PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU PASCA PEMBERLAKUAN UNDANG-UNDANG NO. 6 TAHUN 2023 TENTANG PERPU CIPTA KERJA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200036_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sumber daya manusia yang melimpah ini menjadikan adanya perkembanganekonomi yang berkembang secara pesat di Indonesia, sebagai akibatnya munculpermasalahan ketenagakerjaan. Ketenagakerjaan sendiri pada era setelah reformasisempat menjadi fokus utama bagi pemerintah dengan diterbikannya undang-undangketenagakerjaan. Seiring berkembangnya waktu, dan juga berkembangnyateknologi muncul permasalahan ketenagakerjaan baru. Salah satu permasalahannyaadalah perlindungan hukum kepada pekerja perjanjian kerja waktu tertentu(PKWT). Maka dari itu diperlukan aturan yang komprehensif, dengan dikeluarkanundang-undang cipta kerja. Penelitian digunakan metoda normative, denganpendekatan yuridis empiris untuk meninjau efektifitas perlindungan hukum bagipekerja PKWT. Sebagai hasilnya pengukuran efektifitas melihat tujuan dasardibentuknya hukum, hasilnya menujukkan bahwa ada substansi hukum yang belumtercapai efektifitasnya seperti pengupahan layak, pencatatan dan pelaporan pekerjaPKWT, pemberian uang kompensasi serta kepesertaan jaminan kehilanganpekerjaan. Penelitian juga memberikan hasil bahwa terdapat faktor yangmempengaruhi efektifitas perlindungan hukum yang diantaranya; substansi dansarana penegakan hukum; faktor sosiogenik; faktor sosial dan; faktor kebudayaan.Terhadap belum efektifnya perlindungan hukum yang ada didapatkan solusi antaralain; komunikasi dan disposisi hukum; reformasi regulasi dan kebijakan serta;pembentukan badan ad hoc pengawas ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 10 Oct 2024 06:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35351

Actions (login required)

View Item View Item