PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Abror, Riski Barokatul (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000108_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000108_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dalam mata pelajaran IPA di sekolah dasar melalui penerapan model pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 01 Bategede, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 62% dengan 9 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan. Pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar meningkat signifikan menjadi 72% dengan hampir seluruh siswa memenuhi kriteria ketuntasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran RQA efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Kata Kunci: Literasi Sains, Reading Questioning and Answering, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:14
Last Modified: 09 Aug 2024 04:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35339

Actions (login required)

View Item View Item