PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN PENJALIN

Listiana, Haefa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN PENJALIN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000092_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000092_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dengan berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV tingkat sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakefektifan model pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa , terutama di kelas IV SD Negeri Penjalin. Hal ini terlihat dari keterbatasan siswa dalam memahami konsep melalui model pembelajaran dan menyebabkan siswa cenderung tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dengan berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Penjalin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Designs dengan One Group Pre-test-Posttest Design. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berbentuk tes uraian yang terdiri dari pretest dan posttest. Populasi dan sample yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD N Penjalin tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 19 siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji paired sample t-test diperoleh bagian Lower dan Upper dengan nilai negatif masing-masing adalah -38,829 untuk Lower dan -19,501 untuk Upper, serta nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005. Hal ini memperlihatkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD N Penjalin. Kata Kunci :Model Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz, Kartu Gambar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35332

Actions (login required)

View Item View Item