PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Abidin, Zaenal (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000090_fullpdf.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000090_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Dalam era smart society, pemanfaatan teknologi canggih seperti Augmented Reality (AR) menjadi semakin penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis Augmented Reality, khususnya pada materi mengenai panca indera. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil uji t-test menunjukkan peningkatan signifikan pada prestasi belajar siswa, dengan rata-rata skor pretest sebesar 33,5 meningkat menjadi 82,916 pada post-test setelah mengimplementasikan media ini. Hasil uji t berpasangan dengan skor 0,858 menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor sebelum dan sesudah penggunaan media AR. Selain itu, uji gain menunjukkan angka 1,0008, menegaskan bahwa media "Panca Indera AR" sangat efektif dalam menjelaskan materi yang kompleks dan abstrak. Pengembangan dan penerapan lebih lanjut dari media ini di berbagai konteks pendidikan diharapkan dapat terus mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital Kata Kunci : Augmented Reality, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 08 Oct 2024 09:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35331

Actions (login required)

View Item View Item