ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI CANGKRING

Aini, Tusna’a Ngala (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI CANGKRING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000082_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000082_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Literasi numerasi memegang peran krusial dalam pencapaian tujuan pembangunan literasi secara menyeluruh. Literasi numerasi tidak sekadar menjadi kemampuan dalam menggunakan konsep matematika dalam konteks praktis, melainkan juga menjadi fondasi esensial untuk memahami konsep-konsep matematika yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV di SDN Cangkring dalam menguasai materi pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Tes tertulis, Observasi dan Wawancara. Adapun pada penelitian ini pemeriksa keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian yang berjudul “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cangkring” dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan litreasi numerasi siswa masih berada pada kategori rendah dengan rincian: kemampuan siswa pada indikator 1 yaitu merumuskan masalah nyata dalam pemecahan masalah masih kurang tepat, kemampuan siswa pada indikator 2 berada pada kategori kurang dan indikator 3 berada pada kategori kurang. Sedangkan pada kemampuan siswa indikator 4 berada pada kategori kurang sekali. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar dapat dijadikan bahan evalusi oleh guru sehingga guru dapat meningkatkan kemampuan tersebut dengan memberikan latihan soal yang khusus ditujukan untuk memperkuat literasi numerasi pada materi pecahan siswa. Kata kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Materi Pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:12
Last Modified: 09 Aug 2024 04:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35327

Actions (login required)

View Item View Item