ANALISIS PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN PEDURUNGAN KIDUL 05

Putri, Tsulits Aura Auliya (2024) ANALISIS PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN PEDURUNGAN KIDUL 05. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000081_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000081_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN Pedurungan Kidul 05. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Gerakan Literasi serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN Pedurungan Kidul 05. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan subjek guru dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah di kelas II SDN Pedurungan Kidul 05 dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Sementara itu, faktor pendukung pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah, yaitu: kegiatan literasi yang dilakukan secara rutin; memiliki sarana membaca yang memadai; terdapat peran aktif guru kelas; komitmen dan kerjasama warga sekolah; serta dukungan orang tua siswa. Faktor penghambat pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah, yaitu: terbatasnya pemahaman pendidik terhadap penggunaan buku pengayaan dalam pembelajaran; poster kampanye membaca dan lingkungan kaya literasi yang masih kurang; kurangnya keterlibatan pendidik dan tenaga kependidikan saat kegiatan membaca 15 menit; kurangnya keterlibatan publik; dan tidak memiliki Tim Literasi Sekolah. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:11
Last Modified: 09 Aug 2024 04:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35326

Actions (login required)

View Item View Item