PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL KOGNITIF SISWA DENGAN BERBANTUAN CERITA BERGAMBAR PADA MUATAN IPAS KELAS V SD NEGERI 1 TEGOWANU

Sundari, Sundari (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL KOGNITIF SISWA DENGAN BERBANTUAN CERITA BERGAMBAR PADA MUATAN IPAS KELAS V SD NEGERI 1 TEGOWANU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000079_fullpdf.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000079_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Discovey Learning Terhadap Hasil Kognitif Siswa Dengan Berbantuan Cerita Bergambar Pada Muatan IPAS Kelas V SD Negeri 1 Tegowanu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (pre eksperimen) dengan desain metode one-group pretest-posttest design. Sampel diambil menggunakan non probability sampling dengan sampling jenuh. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data pretest dan posttest untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan peneliti. Dari populasi 29 siswa dan semua siswa ikut berpastisapasi. Hasil uji normalitas data menunjukkan nilai hasil pretest dan hasil posttest normal dan berpengaruh terhadap hasil kognitif siswa. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan ada pengaruh hasil kognitif siswa pada muatan IPAS. Pada presentase uji normalitas nilai pretest diperoleh hasil sig = 0,236 dilihat dari data nilai sig bahwa data tersebut normal dan pada nilai posttest diperoleh hasil sig 0,573 dilihat dari data nilai sig bahwa data tersebut normal jadi dapat dilihat hasil kedua test tersebut menandakan bahwa keduanya berdistribusi normal karena sig >0,05.sedangkan hasil uji paired sample t-test dengan rata-rata =51.9138 dan simpangan baku 18.25000 sedangkan pada output kedua pada kolom lower dan upper bernilai positif, yaitu 45,68400 untuk lower dan upper 55,14358 untuk upper. Selain itu tabel ditunjukkan bahwa sig(2-taied) 0,000 < 0,05. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perbedaan yang signifikan pada hasil kognitif siswa dengan melihat pada pretest dan posttest menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan media cerita bergambar pada muatan IPAS SD Negeri 1 tegowanu. Kata kunci : model discovery learning,cerita bergambar,IPAS,hasil kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:10
Last Modified: 09 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35325

Actions (login required)

View Item View Item