Nuraeni, Siti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 1 JATIHADI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000078_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000078_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
Abstract
Penellitian ini berfokus pada model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi pecahan. Penggunaan model pembelajaran yang belum inovatif yaitu penggunaan model konvernional terjadi pada jenjang Sekolah Dasar terutama pada materi pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa lembar kemampuan berpikir kritis pada materi pecahan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 , artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada materi pecahan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil uji N-gai sebesar 0,65 yang menunjukkan peningkatan pada taraf sedang. Kata Kunci : Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 04:09 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 04:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35324 |
Actions (login required)
View Item |