PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ ANSWER DISCUSS EXPLAIN CREATE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 02 BULAKPELEM

Ribkhah, Risqiana Aina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ ANSWER DISCUSS EXPLAIN CREATE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 02 BULAKPELEM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000070_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000070_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang belum inovatif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di jenjang sekolah dasar. Model pembelajaran dan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan bernalar kritis tersebut adalah model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dan media pembelajaran Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Read Answer Discuss Explain Create berbantuan media puzzle terhadap kemampuan bernalar kritis pendidikan Pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dalam pre Experimental dengan jenis penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan yaitu 26 siswa kelas IV SDN 02 Bulakpelem. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes, dengan menggunakan soal tes kemampuan bernalar kritis. Dari hasil uji hipotesis paired sample t test menunjukkan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05, karena nilai sig. (2-tailed) < ⍺ maka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:09
Last Modified: 09 Aug 2024 04:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35323

Actions (login required)

View Item View Item