PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI PERKALIAN DI SEKOLAH DASAR

Setyoningsih, Novi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI PERKALIAN DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000061_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan berpikir kreatif materi perkalian di sekolah dasar. Missouri Mathematics Project (MMP) merupakan model pembelajaran yang terstruktur untuk membantu guru dalam hal penggunaan latihan-latihan-latihan agar siswa tercapai karena siswa diberikan juga keleluasaan untuk berpikir baik kelompok ataupun individu serta agar siswa mampu mengaplikasikan pemahaman sendiri dengan cara bekerja mandiri dalam seatwork. Model pembelajaran ini diperkenalkan di kelas III di SDN Timbulsloko 1 dengan kemampuan berpikir kreatif karena mempunyai empat konstruk pembelajaran: review, pengembangan, latihan terkontrol, dan penugasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest Posttest Design. Instrument yang digunakan yaitu tes, dimana peneliti memberikan pretest dahulu kepada siswa sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN Timbulsloko 1. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis sampling jenuh, sehingga sampel menggunakan seluruh siswa kelas III SDN Timbulsloko 1. Hasil analisis data menunjukkan pengaruh yang signifikan, dilihat dari hasil uji prasyarat (uji normalitas) yang memperoleh hasil, untuk uji normalitas data awal (pretest), nilai sig sebesar 0,379 dan normalitas data akhir (posttest) nilai sig sebesar 0,185. Sehingga dari hasil tersebut tergolong pada nilai sig>0,005 yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Selain itu dilihat juga dari uji syarat yaitu uji paired sample t-test yang memperoleh nilai sig sebesar <0,000. Hal ini menunjukkan bahwasannya nilai sig <0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif materi perkalian di sekolah dasar terutama siswa kelas III SDN Timbulsloko 1. Kata Kunci: Missouri Mathematics Project (MMP), Kemampuan Berpikir Kreatif, Perkalian, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:30
Last Modified: 07 Aug 2024 04:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35321

Actions (login required)

View Item View Item