PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SDN KALIGAWE

Sania, Karina Mafaza (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SDN KALIGAWE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000047_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000047_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Make A Match pada mata Pelajaran IPAS di kelas IV terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SDN Kaligawe. Rumusan masalah yaitu “Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Kaligawe”.? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS siswa Kelas IV di SDN Kaligawe. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam mendapatkan sebuah data. Pada tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dengan 1 tekhnik yaitu tekhnik tes dengan menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah adanya perbedaan antara pembelajaran sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberi perlakuan dilihat dari hasil pretest dan posttest dilihat dari uji hipotesis yang dilakukan menggunakan SPSS dengan ketentuan jika nilai Sig.(2-tailed)< 0,05 maka hipotesis diterima. Output SPSS menghasilkan nilai signifikan sig.(2-tailed) 0,00 yang artinya hipotesis diterima. Kesimpulannya adalah pembelajaran kerajaan kerajaan hindu Buddha dan Islam menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih baik dibandingkan pembelajaran ceramah dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa lebih tinggi ketika posttest disbanding pretest yaitu 80 berbanding 55 untuk hasil berpikir kritis siswa. Kata kunci : Make A Match, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35315

Actions (login required)

View Item View Item