Zahra, Ilma Az (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MODEL COURSE RIVEW HORAY BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000041_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000041_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar mmata pelajaran matematika masih rendah hal ini dibuktikan banyak siswa yang masih bingung mengenai macam-macam bangun datar dan langkah cepat menghitung rumus luas dan keliling bangun datar terbukti dengan hasil awal penilaian dikelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri Palebon 01 Semarang pada siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media ular tangga yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar mata pelajaran matematika siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan non tes. Hasil analisis data memperoleh kesimpulan yaitu pada siklus I persentase ketuntasan klasikal kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar mata pelajaran matematika memperoleh 65% dengan kriteria kurang dan siklus II memperoleh peningkatan menjadi 84% dengan kriteria sangat baik. Dapat disumpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Palebon 01 Semarang. Kata Kunci: Berpikir Tingkat Tinggi, Model Course Review Horay, Media Ular Tangga
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35313 |
Actions (login required)
View Item |