FUNGSI COVERNOTE DALAM KAITANNYA DENGAN JUAL BELI RUMAH MELALUI KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA BANK TABUNGAN NEGARA CABANG PEKANBARU

NABILA, SYIFA DZIKRA (2024) FUNGSI COVERNOTE DALAM KAITANNYA DENGAN JUAL BELI RUMAH MELALUI KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA BANK TABUNGAN NEGARA CABANG PEKANBARU. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Kenotariatan_21302200089_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Kenotariatan_21302200089_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Praktek pelaksanaan jual beli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dimana bank sebagai kreditur dapat mencairkan pinjaman debitur dengan adanya persyaratan covernote sebagai bentuk tindak lanjut dari pengurusan akan diselesaikannya jaminan yang akan diberikan kepada pihak bank. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Untuk mengetahui dan menganalis fungsi covernote dalam kaitannya dengan jual beli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada Bank Tabungan Negara Cabang Pekanbaru. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis akibat hukum covernote notaris dalam kaitannya dengan jual beli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada Bank Tabungan Negara Cabang Pekanbaru. Penelitian ini dapat digolongkan dalam jenis penelitian hukum empiris. Jenis dan Sumber Data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan studi Pustaka. Metode analisis data yang akan dipergunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan: 1) Pelaksanaan jual beli rumah melalui kredit pemilikan rumah (KPR) pada Bank Tabungan Negara Pekanbaru memerlukan adanya Covernote. Covernote dikeluarkan oleh Notaris karena Notaris belum tuntas menyelesaian pekerjaannya. Fungsi Covernote yaitu sebagai jaminan yang diberikan oleh notaris bahwa akan diselesaikannya sebuah dokumen dalam waktu yang telah dijanjikan, apabila covernote belum diserahkan notaris kepada pihak Bank Tabungan Negara Pekanbaru maka proses jual beli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah belum bisa laksanakan. 2) Covernote di kalangan notaris merupakan Living Law atau kebiasaan atau hukum yang hidup dalam pelaksanaan tugas jabatan notaris. beban tanggung jawab Notaris dalam menjalankan wewenang, tugas dan fungsinya menurut undang-undang pada prinsipnya adalah sangat besar khususnya terhadap produk hukum yang diterbitkan Notaris sehingga notaris memiliki tanggung jawab terhadap covernote yang telah dikeluarkan. Pasal 1366 KUHPerdata menyatakan bahwa “setiap orang bertanggung jawab tidak hanya atas perbuatanya tetapi juga kelalaianya dan kurang hati-hati. setiap orang diwajibkan melakukan perbuatan kehati-hatian terhadap orang lain. Setiap orang harus mempunyai sifat kehati-hatian terhadap orang lain. Kata Kunci: Covernote, Jual Beli Rumah, Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:53
Last Modified: 07 Aug 2024 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35304

Actions (login required)

View Item View Item