Briliyana, Aii Haniyati (2024) ANALISIS KARAKTER MANDIRI DAN BERNALAR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI KEMIJEN 03 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000010_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000010_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada karakter mandiri dan kemampuan bernalar kritis pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri Kemijen 03 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana karakter mandiri dan bernalar kritis pada siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran matematika. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas Ibu Agrita Putri Nadia, S.Pd dan Siswa kelas IV SD Negeri Kemijen 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi serta wawancara. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model milles and Huberman. Terdapat empat tahap diantaranya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa siswa kelas IV sudah memiliki karakter mandiri yang baik, terlihat dari rasa inisiatif pada saat awal pembelajaran. Mereka juga mampu menyelesaikan tantangan yang ada pada soal ataupun ketika pembelajaran matematika. Sedangkan karakter bernalar kritis masih dalam kategori rendah. Terbukti dari skor rata-rata yang diperoleh yaitu 47. Kata Kunci : Karakter Mandiri, Bernalar Kritis, Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 02:17 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 02:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35299 |
Actions (login required)
View Item |